11 Negara Bebas Visa yang Bisa Dikunjungi Orang Indonesia

Liburan ke luar negeri menjadi destinasi yang cukup populer di Indonesia. Apalagi saat ini telah cukup banyak penawaran harga tiket atau paket perjalanan ke luar negeri dengan harga yang menarik dan bisa dicicil. Tentunya liburan ke luar negeri memerlukan persiapan yang berbeda dengan liburan dengan tujuan domestik.

Ada beberapa dokumen khusus yang perlu kamu persiapkan. Selain paspor, beberapa negara juga mewajibkan para turis mempersiapkan visa untuk mengunjunginya. Visa ini menjadi tanda izin masuk ke suatu negara yang isinya berupa detail identitas pengunjung, durasi perjalanan, dan jenis visanya itu sendiri. Untuk bisa mendapatkan visa ini, kamu bisa mengurusnya di kedutaan besar negara terkait sebelum tanggal keberangkatan.

Jenis-jenis visa

Sebagai dokumen perizinan mengunjungi sebuah negara, visa sendiri memiliki jenis-jenis yang beragam. Keberagaman jenis ini ditentukan dari tujuan kunjungan yang akan kamu lakukan. Berikut ini adalah jenis-jenis visa dan penjelasannya.

1. Visa Turis

Ini adalah jenis visa yang paling umum dan sering digunakan untuk pergi ke luar negeri. Jika kamu ingin liburan ke negara tertentu biasanya visa turis inilah yang akan digunakan. Kamu harus mempersiapkan visa turis ini jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan karena setiap negara memiliki waktu proses yang berbeda-beda. Beberapa negara pun memberikan periode berlaku visa yang berbeda, ada yang bisa sampai tiga bulan ke depan.

2. Visa Kerja

Nah, kalau yang ini digunakan oleh mereka yang datang ke sebuah negara untuk bekerja sebagai profesional atau ekspatriat. Visa ini juga bisa dibilang sebagai izin tinggal semi permanen, permanen atau disesuaikan dengan lamanya kontrak kerja. Jangka waktunya pun terbilang lama, bisa sampai bertahun-tahun. Hanya saja untuk memperpanjang visa ini harus kembali ke negara asal terlebih dahulu.

3. Visa Kunjungan Bisnis

Berbeda dengan visa kerja, visa bisnis ini digunakan oleh mereka yang melakukan kunjungan bisnis atau kerja ke sebuah negara dalam waktu singkat. Visa ini bisa diajukan jika kamu ke luar negeri untuk keperluan rapat, seminar, hingga menghadiri konferensi tertentu yang berkaitan dengan pekerjaan.

4. Visa Bisnis

Berbeda dengan visa yang di atas, visa bisnis ini diperlukan jika kamu ingin membuka sebuah usaha yang berada di luar negeri dan membutuhkan periode menetap yang cukup lama. Visa jenis ini juga bisa diperpanjang periodenya jika kamu membutuhkan izin menetap yang lebih lama dari awal pengajuan visa pertama.

5. Visa Belajar

Jenis ini digunakan oleh para pelajar yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri. Pengajuannya pun relatif lebih mudah asalkan sudah memenuhi semua persyaratan yang diajukan oleh instansi pendidikan terkait di negara tujuan. Durasi visa pun disesuaikan dengan periode pendidikan, termasuk juga saat masa libur.

6. Visa Pertukaran Pelajar

Berbeda dengan visa belajar, visa ini digunakan khusus untuk program pertukaran pelajar. Proses pembuatannya pun bisa dibantu oleh lembaga terkait yang mengadakan program ini. Durasinya disesuaikan dengan program pertukaran pelajar itu dilakukan.

7. Visa Kunjungan Keluarga

Rindu dengan saudara atau anak yang menetap di luar negeri? Kamu bisa menggunakan jenis visa yang satu ini untuk melakukan kunjungan. Pengajuan visa ini harus menyertakan surat undangan dari anggota keluarga yang berada di negara tujuan sekaligus sebagai penjamin pengunjung selama berada di negara tersebut.

8. Visa on Arrival

Terakhir adalah jenis visa yang paling mudah diajukan. Kamu tidak perlu mengurus pengajuan izin visa sebelum keberangkatan karena visa ini bisa diurus saat kedatangan di negara tujuan. Sistem visa on arrival berlaku berkat adanya perjanjian kerja sama di antara negara asal dan negara tujuan dan terjalin hubungan bilateral yang baik. Namun, jenis visa ini tidak bisa digunakan jika kamu ingin melakukan urusan bisnis di negara tujuan.

Negara-negara bebas visa untuk Indonesia

Tentunya liburan ke luar negeri akan jauh lebih mudah saat negara tujuan menerapkan sistem visa on arrival bagi para wisatawan. Indonesia sendiri telah menjalin hubungan dengan kurang lebih 70 negara untuk memberlakukan visa on arrival. Berikut ini adalah negara-negara yang memberlakukan visa on arrival untuk para wisatawan dari Indonesia.

1. Negara ASEAN

Seperti yang telah diketahui, Indonesia dengan negara di Asia Tenggara lainnya berhasil masuk ke dalam jajaran negara ASEAN. Nah, buat kamu yang telah memiliki paspor dan tak ingin ribet mengurus visa, kamu bisa berkunjung ke negara yang juga termasuk ke dalam negara ASEAN, di antaranya Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Myanmar.

Tak hanya menghemat biaya permohonan visa, berkunjung ke beberapa negara tersebut juga bisa menghemat bujet liburan. Karena beberapa negara seperti Vietnam dan Kamboja nyatanya memiliki nilai tukar yang rendah terhadap rupiah. Hal Ini jelas sangat menguntungkanmu, kan?

2. Hong Kong

Bagi kamu yang suka hal apa pun berbau Disney dan bermimpi untuk menginjakkan kaki di Disneyland, maka kini adalah saat yang tepat untuk mempersiapkan diri liburan ke Disnyeland Hong Kong. Ya, Hong Kong menjadi negara selanjutnya yang juga membebaskan visa untuk turis asal Indonesia. Selama 30 hari lamanya, kamu bisa menelusuri Hong Kong tanpa harus memikirkan visa. Jadi, tunggu apalagi, yuk segera booking tiket pesawat ke Hong Kong hanya di Bukalapak.

3. Jepang

Buat para pemegang E-paspor Indonesia patut berbahagia. Karena pasalnya kamu bisa liburan ke Negeri Sakura tanpa harus pusing mikirin ribetnya pengajuan visa. Namun, mempunyai E-paspor saja tidaklah cukup. Demi mewujudkan liburan ke Jepang tanpa visa, kamu harus mengurus pendaftaran paspor kamu terlebih dahulu di Konsulat Jepang terdekat. Segera urus hal tersebut paling tidak 3 hari sebelum keberangkatan.

Sementara itu, buat kamu yang sudah pernah mengurusnya, maka kamu bisa menggunakan paspor kamu untuk liburan ke Jepang tanpa visa secara bebas selama 3 tahun setelah pendaftaran. Asyik, kan? Jadi, segeralah bikin E-paspor untuk menikmati keuntungan tersebut. Nah, buat kamu yang masih menggunakan paspor biasa, kamu tetap diwajibkan untuk mengurus visa bila ingin liburan ke Negeri Sakura.

4. Maldives

Siapa, sih, yang tidak terpesona dengan keindahan Maldives? Rasanya, semua orang sepakat kalau negara yang sudah sangat terkenal dengan panorama lautnya ini cocok dijadikan destinasi liburan yang romantis. Berkunjung ke Maldives untuk tujuan honeymoon tentu jadi pilihan yang tepat.

Apalagi, banyak resort yang berdiri di atas birunya air laut, kamu pun akan dibuat seperti sedang mengambang di perairan laut Maldives yang tenang. Untuk bulan madu di sini, tak perlu pikir panjang. Karena, Maldives membebaskan visa untuk para WNI selama 30 hari lamanya. Jadi, bagaimana? Sudah siap honeymoon ke Maldives?

5. Nepal

Punya cita-cita mendaki Gunung Everest yang ada di Nepal? Tenang saja, impian tersebut bisa terwujud, kok. Nepal menjadi negara selanjutnya yang juga membebaskan visa untuk para turis asal Indonesia. Baik pemegang paspor biasa atau E-pasppr, kamu bisa mendapatkan 90 hari bebas visa sebagai turis Nepal. Dengan begini, kamu dapat merasakan langsung dinginnya Gunung Everest. Jangan lupa, siapkan jaket super tebal, ya!

6. Turki

Naik balon udara di Cappadocia, mengunjungi Hagia Sophia di Istanbul, dan melihat kemegahan Blue Mosque secara dekat tentu jadi itinerary wajib yang harus kamu wujudkan saat liburan ke Turki. Sebagai negara wisata, Turki memang tidak sepenuhnya membebaskan visa untuk turis asal Indonesia. Namun, untuk liburan ke sana, kamu tak perlu datang ke kedutaan besar Turki hanya untuk membuat visa.

Kamu bisa langsung mengurus e-visa secara online melalui situs e-visa yang berlaku. Enak, kan? Caranya, mudah banget. Cukup masukkan data-datamu di dalam website, kemudian kamu bisa langsung booking tiket pesawat ke Turki. Pembebasan visa ini berlaku untuk 30 hari setelah kamu mendaftarkan diri di situs e-visa.

7. India

Terpukau dengan keindahan bangunan Taj Mahal? Atau pengin banget berswafoto dengan latar bangunan ikonik di Udaipur dan Jaisalmer? India memang memiliki pesonanya sendiri dalam menarik wisatawan. Berbagai bentuk bangunan yang eksotis hingga Udaipur yang dianggap sebagai kota paling romantis menjadikan India sangat diminati oleh para wisatawan, terutama wisatawan asal Indonesia.

Nah, untuk berlibur ke sini, kamu juga tak perlu repot-repot mengurus visa ke kedutaan besar India. Sama halnya seperti Turki, untuk melancong ke negara satu ini, kamu hanya perlu mendaftarkan e-visa melalui situs India Visa Online. Dengan mendaftarkan diri, kamu akan mendapatkan visa online yang bisa digunakan untuk liburan bebas visa di India.

8. Yordania

Negara satu ini mungkin terbilang cukup unik. Karena, Yordania membeaskan visa untuk turis asal Indonesia yang memenuhi persyaratan tertentu. Yap, kamu bisa mengurus visa setibanya di bandara kedatangan dengan syarat kamu datang dengan rombongan tur lebih dari 5 orang. Dan, pastikan kalau kamu dan seluruh rombongan akan tinggal di Yordania selama lebih dari dua hari. Jadi, sebelum liburan ke Yordania, sebaiknya perhatikan dulu syarat-syarat ini, ya!

9. Kenya

Terkenal dengan tur safarinya yang menakjubkan, negara Afrika ini juga masuk ke dalam daftar negara yang bebas visa untuk WNI. Untuk bisa liburan di Kenya dan melihat langsung kehidupan satwa liar yang ada di sana, kamu cukup mendaftarkan e-visa secara online di situs imigrasi Kenya. Setelah mendapatkan visa online, kamu bisa liburan di Kenya selama 3 bulan lamanya, terhitung dari pendaftaran e-visa.

10. Kroasia

Buat para pecinta alam pasti kepengin banget liburan ke Kroasia. Sering disebut sebagai surganya para pelancong, Kroasia memang memiliki berbagai tempat wisata alam yang memesona sekaligus menantang. Sebut saja Pantai Zlatni Rat yang termasuk ke dalam daftar pantai paling populer di Kroasia, lalu ada Pantai Spiaza yang terkenal dengan ketenangan air lautnya, dan kemudian Taman Nasional Krka yang memiliki pemandangan alam super indah.

Namun sayangnya, kesempatan untuk bisa berkunjung ke Kroasia tanpa visa hanya berlaku untuk para pemegang paspor diplomati dan paspor dinas. Sedangkan, untuk kamu yang hanya memiliki paspor biasa tetap diwajibkan untuk mengurus visa ke keduataan besar Kroasia.

11. Maroko

Negara selanjutnya yang juga bisa dikunjungi turis asal Indonesia tanpa visa adalah Maroko. Berdekatan dengan kota-kota di Eropa, kamu bisa mampir sebentar ke Maroko untuk menelusuri kota-kota yang ada di negara Afrika itu. Banyak sekali destinasi wisata menarik yang ada di Maroko, seperti Gurun Sahara, kota biru di Chefchaouen, resor ski di Oukaimedea, dan lain sebagainya. Jadi, tunggu apalagi, segera booking tiket pesawat ke Maroko dan kemas barang bawaanmu. Kamu akan puas menjelajahi Maroko selama 120 hari tanpa visa. Dijamin seru!

Itulah daftar negara bebas visa yang bisa dikunjungi turis Indonesia. Jadi, negara bebas visa mana, nih, yang pengin kamu kunjungi lebih dulu?

 

 

 

 

 

Sumber Asli : review.bukalapak.com

Share your love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *