ON / BY admeokita/ IN Blog, Wisata/ 0 Comment

Bogor merupakan salah satu kota dan kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, Kota ini menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui dan menyadari akan keindahan tempat-tempat menarik yang berada di kota ini. Bogor memiliki banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Bogor, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini Bogor jarang terdengar wisatanya, namun ternyata Kabupaten ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Baik agar tidak panjang lebar, berikut kami ulas secara singkat berikut Tempat Wisata di Bogor Terbaru yang harus segera di explore:

1. Istana Bogor


Istana Bogor ini adalah salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai nilai sejarah dan keunikan tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan, dan fauna yang terdapat di sini yaitu seperti Rusa dan dikelilingi oleh flora bernilai ilmiah (Kebun Raya Bogor).

Mulanya istana bogor bernama Buitenzorg dan Secara resmi Buitenzorg disebut Istana Bogor, namun istana bogor resmi digunakan sebagai Istana Kepresidenan republik indonesia tahun 1950, setelah Belanda mengakui kedaulatan RI.

Presiden Soekarno yang menempati pertama kalinya itu harus membawa sendiri tempat tidur besi model kuno dari Jakarta. Juga, melengkapi peralatan istana dengan membeli meubel dari Javahout dan tirai penutup pintu dari van der Pal.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan sebuah tempat yang luar biasa menarik, didalam kebun raya bogor terdapat tempat menarik yang menarik di kunjungi salah satunya yakni istana bogor. Selain itu, Kebun raya bogor merupakan sebuah kebun botani besar yang terletak di jantung Kota Bogor Jawa Barat. Luas areal kebun raya bogor mencapai 87 hektar dan memiliki sekitar 15.000 jenis koleksi tumbuhan dan beragam flora. Areanya yang luas cukup membuat para pengunjung merasa lelah dan senang.

3. Museum Zoologi Bogor

Asal Mula Berdirinya Museum Zoologi adalah gagasan dari J. C. Koningsberger, yaitu seorang ahli botani yang berkebangsaan Jerman dan menetap di Belanda. Pada awal pembangunan pada tahun 1894, tempat ini berfungsi sebagai laboratorium zoologi yang menjadi wadah penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan zoologi, meliputi kegiatan pencatatan fauna Indonesia dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium. Seiring dengan perkembangan zman, Museum Zoologi berubah namanya sesuai dengan fungsinya.

4. The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure merupakan sebuah nama waterpark yang berada di Kota Bogor. Lokasinya berada di dalam Perumahan Bogor Nirwana Residence, sebuah perumahan kalangan menengah atas di Bogor Selatan. Tetapi, jangan bayangkan bahwa waterpark atau tempat wisata air ini hanya berisikan kolam renang saja, Namun disini banyak wahana yang bisa kamu nikmati.

5. The Jungle Fest

The Jungle Fest merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang masih terbilang masih baru. Namun begitu tempat wisata di Bogor ini sekarang ini telah menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat khususnya kawasan Bogor dan sekitarnya. Tempat ini sekarang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di kala musim liburan ataupun pada saat akhir pekan tiba. direkomendasikan untuk keluarga dengan membawa anak anak..

6. Taman Mexico

Tanaman-tanaman yang berasal dari Meksiko tersebut ditanam di area Taman Mexico yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor. Taman Mexico ditanami berbagai macam tanaman yan berasal dari padang pasir seperti agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sukulen lainnya. Tempat ini cocok bagi anda yang ingin mecari referensi tanaman yang berasal dari negara Meksiko.

7. Taman Kencana

Taman Kencana dapat dijadikan tempat untuk nongkrong di Kota Bogor pada waktu akhir pekan ataupun hari biasa pada sore hari hingga malam. karena di kawasan sekitar sini terdapat beberapa tempat yang sangat cocok untuk nongkrong. Didukung cuaca khas bogor yang sejuk membuat pengunjung betah berlama lama disini. Jika Anda ingin nongkrong bersama dengan teman, pacar atau keluarga, Taman Kencana ini dapat Anda jadikan pilihan yang bagus.

8. Lapangan Sempur

Di tengah semakin sempitnya lahan akibat pembangunan yang terjadi di kota Bogor, masih ada beberapa ruang terbuka hijau yang tersisa. Salah satu diantaranya adalah Lapangan Sempur. Lapangan Sempur terletak di Kecamatan Bogor Tengah. Posisinya bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor disisi Utara dan dibatasi oleh sungai Ciliwung di sebelah Baratnya.

Bagi anda yang berlibur di kota bogor, sempatkanlah berkunjung ke lapangan Sempur ini, karena tempat ini merupakan tempat favorit pengunjung untuk bersantai ataupun berlibur bersmaa keluarga dan Buah hari.

9. Tugu Kujang Bogor


Nama bangunan tersebut lebih dikenal sebagai Tugu Kujang yang merupakan senjata khas Sunda. Tugu Kujang berada di tempat putaran yang ada di wilayah pusat Kota Bogor. Tugu Kujang tersebut berdiri kokoh dengan ketinggian sekitar 25 meter dan dibangun pada tanggal 4 mei 1982. Tugu Kuang di atas sebuah lahan dengan luas 26 m x 23 m. pembangunan Tugu Kujang itu sendiri konon menghabiskan biaya hingga 80 juta pada masa itu. Tugu Kujang sanagat cocok di kunjungi hanya untuk sekedar nongkrong ataupun yang hobi fotografi, karena tempatnya yang keren sebagai objek foto.

10. Penangkaran Rusa Cariu

Bila selama ini Anda hanya bisa melihat Rusa dari balik jeruji kandang atau pagar besi, berarti Anda harus berkunung ke penangkaran rusa yang berada di perbatasan Bogor-Cianjur. Di penangkaran rusa ini para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa cantik dan sudah jinak tanpa dibatasi lagi oleh pagar atau pembatas apapun! Penangkaran Rusa ini dikenal dengan nama Wana Wisata Penangkaran Rusa Cariu.

11. Pemandian Gunung Peyek

Kawasan Gunung Kapur Ciseeng Bogor dikenal sebagai tempat wisata sekaligus tempat pemandian air panas alamai yang berada di perbatasan Bogor dan Tengerang Selatan. Namun, siapa yang menyangka jika di Ciseeng Bogor ini juga menyimpan wisata alam yang tersembunyi dan luar biasa cantiknya.

Di Pemandian ini terdapat tiga lubang yang membentuk kolam alami air panas yang mengalir sepanjang tahun. Bau belerang tercium menyengat sudah lumrah tercium dari lokasi wisata tersembunyi ini. Dari kejauhan terlihat seperti gundukan putih gunung kapur yang menjadi asal usul mengapa tempat ini disebut sebagai Pemandian Gunung Peyek.

12. Telaga Warna Puncak

Telaga Warna Bogor merupakan sebuah objek wisata alam yang lokasi nya terletak di kawasan Pass Cisarua Bogor. Telaga wisata yang berada kawasan Cagar Alam yang dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam ini merupakan salah satu primadona objek wisata yang terkenal karena pesona keindahan alamnya. Wisata Telaga Warna ini cocok di kunjungi bagi Anda yang suka dengan kesejukan dan kenyamanan tempat ini.

13. Danau Quarry

Siapa sangka lokasi yang berasal dari bekas penambangan pasir yang sudah lama tidak digunakan, justru menjadi alternatif wisata alam kekinian di kawasan Bogor. Danau Quarry namanya. Danau yang berlokasi di Kampung Nunggaherang, Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor itu menyuguhkan pemandangan indah dan mendadak ngehits di kalangan anak muda pecinta travelling. Siapa yang tak terpincut akan keindahannya, Danau yang dikelilingi tebing tinggi, membuat keindahannya semakin terlihat menawan.

14. Suaka Elang Loji

Suaka Elang Loji adalah sebuah wisata berbasis edukasi yang menyuguhkan pengalaman seru yakni pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan salah satu predator terbesar di udara yaitu burung Elang. Mengingat ada beberapa jenis dari burung terancam punah. Sadar akan masalah tersebut, maka ada baiknya jika Anda dapat mengetahui sedikit informasi tentang burung elang beserta habitat aslinya, sehingga kelak diharapkan Anda dapat ikut berperan serta dalam menjaga segala ekosistem Elang di tanah bumi ibu pertiwi.

15. Gunung Kapur Klapanunggal

Gunung Kapur di Klapanunggal yang belakangan mulai terekspose oleh para traveler. Tidak banyak yang tahu dimana persisnya, ternyata destinasi ini merupakan bekas pertambangan batu karang. Meskipun hanya bekas dari tambang, Gunung Kapur ini tetap saja banyak traveler yang berburu dan jatuh cinta dengan keindahannya. Apalagi stuktur bebatuannya juga unik membuat mereka betah berlama-lama di sana.

16. Rumah Pohon Jonggol

Rumah Pohon ataupun Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol Bogor ini berada tepatnya terletak di jalan masuk menuju Curug Ciherang. Rumah Pohon ini di bangun di atas sebuah pohon yang besar yang terletak di tebing sehingga bagian bawahnya merupakan jurang yang cukup dalam.
Rumah Pohon Curug Ciherang Jonggol Bogor di hubungkan dengan sebuah jembatan kayu yang di desain unik sebagai jalan masuknya, nah, inilah yang sedang sangat hits di media sosial, sehingga banyak menarik para pengunjung untuk berkujung ke Rumah Pohon Dan Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol Bogor.

17. House The Hobbit Cisarua Bogor

Jika ke bogor jangan lupa mampir kerumah hobbit ini. bangunan unik yang bisa di jadikan objek berfoto sangat populer dan menjadi wisata yang sedang di buru.

18. Pura Parahyangan

Pura Parahyangan merupakan pura terbesar di Pulau Jawa, dan terbesar kedua setelah Pura Besakih di Pulau Bali. Pura Parahyangan dibangun di area seluas 2,5 hektar di lereng Gunung Salak, Pura Parahyangan dianggap berdiri di atas tanah suci yang konon merupakan petilasan dari Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran.

Pura Parahyangan terletak di kampong Warung Loak, desa Taman Sari Kelurahan Ciapus, sekitar 12 KM dari jantung kota Bogor. Pura ini dibangun pada tahun 1995, dan merupakan tempat utama untuk menggelar beberapa ritual keagamaan Hindu, Pura Parahyangan saat ini terbuka untuk Umat agama lainnya sebagai tempat wisata.

Leave A Comment