ON / BY anira/ IN Blog/ 0 Comment

Hirarkinya manusia merupakan makhluk sosial dan membutuhkan orang lain. Kehidupan sosial manusia membutuhkan kerja tim dalam segala aspek, baik itu keluarga hingga pekerjaan. Manusia akan bekerja secara tim dan bersinergi dalam tim serta antar tim. Maka dari itu perlu adanya metode atau pelatihan yang dapat merakit suatu individu agar dapat bekerja harmonis dengan individu lain di dalam tim. Contohnya banyak sosiolog yang mengasah metode team bulding sebagai upaya membentuk tim yang solid untuk kebutuhan keluarga, sekolah, komunitas bahkan pekerjaan. Tujuan dari team building adalah membentuk komunikasi, interaksi dan kepemimpinan dalam tim agar agar tidak terdapat miss communication yang dapat menghambat terwujudnya tujuan ada cita-cita suatu tim tersebut. Diantaranya adalah bagaimana penjabaran dari manfaat team building itu sendiri adalah:

1. Terjalin komunikasi

Dalam suatu  team pasti ada atasan dan anggota team. Team building akan membantu membangun komunikasi antara atasan dan anggota team dengan baik untuk mewujudkan tujuan organisasi.

2. Memperjelas tanggung jawab

Adanya team building yakni juga membentuk penanggungjawab dari sebuah pekerjaan yang dilakukan. Sehingga dapat diketahui tanggungjawab dan peran masing-masing dalam suatu team.

3.  Membentuk Kerjasama yang baik

Dengan adanya kerja team, setiap anggota team memiliki tanggungjawabnya masing-masing. Setiap tanggungjawab tersebut harus saling bersinergi agar terwujudnya tujuan organiasasi. Kerjasama yang baik sangat diperlukan agar dalam setiap tanggungjawab yang dimiliki dapat disatukan menjadi tujuan organisasi.

4.  Produktivitas meningkat

Pekerjaan yang baik akan menciptakan tujuan yang sempurna. Bekerja dengan team dan membentuk suatu team building akan membantu meningkatkan produktivitas kerja yang dilakukan oleh setiap anggota team.

5. Menyatunya perbedaan pendapat

Pekerjaan yang baik akan menciptakan tujuan yang sempurna. Bekerja dengan team dan membentuk suatu team building akan membantu meningkatkan produktivitas kerja yang dilakukan oleh setiap anggota team.

6. Masalah dapat terpecahkan

Pasti ada hambatan atau masalah ketika suatu realita tidak sesuai dengan rencana. Apabila hanya satu orang yang memikirkannya, penyelesaian masalah dapat berhenti dan tidak menemukan solusi, adanya anggota dalam team building membantu menyelesaikan satu masalah dengan berbagai pendapat yang dapat diberikan oleh beberapa orang dalam suatu team tersebut.

7. Menumbuhkan motivasi

Setiap anggota dalam suatu team pastinya ingin mencapai suatu tujuan tersendiri untuk mencapai sebuah kesuksesan. Prestasi yang diperoleh salah satu anggota team akan membantu meningkatkan rasa keinginan setiap anggota yang lain untuk maju. Dengan team building, keinginan setiap anggota untuk maju dapat menjadi sebuah motivasi.

8. Menumbuhkan sikap saling percaya

Setiap anggota team memiliki tanggungjawabnya masing-masing dalam pekerjaannya. Masing-masing anggota harus menyelesaikan tanggungjawabnya sendiri dan percaya kepada anggota lain yang melakukan pekerjaan sesuai dengan jatahnya. Kepercayaan ini harus ada agar tidak terjadi suatu rasa paling bisa dan menganggap orang lain tidak bisa mengerjakannya.

9. Tujuan akhir yang jelas

Adanya team building akan membatu plot pekerjaan sesuai dengan porsi anggota team. Sehingga akan membentuk tujuan yang jelas dengan tidak ada pekerjaan yang double dan tidak ada juga pekerjaan yang belum dikerjakan.

Banyak kegiatan yang dapat meningkatkan team buliding salah satunya kegiatan outbound. Selain itu kegiatan yang lebih ringan seperti diskusi juga perlu dilakukan secara rutin agar kedekatan antar anggota meningkat.

Sumber: Manfaat.co.id

Leave A Comment