ON / BY anira/ IN Blog, Wisata/ 0 Comment

Kampung Wisata – Kampung identik dengan tempat yang jauh dari perkotaan. Karena akses informasi, teknologi, dan komunikasi yang sudah pesat, keadaan kampung yang menjadi lebih dekat dengan kehidupan perkotaan. Kampung bukan lagi berisi orang-orang yang “kampungan”/kuper/gaptek. Siapapun dan dimanapun itu semua orang bisa lebih maju dan bahkan beberapa kampung ini mendunia karena keunikannya. Tentu karena masyarakatnya yang kreatif dan mau menjadi lebih baik.

1. Yogyakarta – Kampung Cyber Taman Sari

Kampung Cyber Taman Sari ini adalah salah satu kampung yang sangat mencuri perhatian seluruh masyarakat di dunia. Semua penduduk di Kampung Cyber Taman Sari ini sangat melek akan teknologi, bahkan hampir setiap rumah warga di kampung ini sudah tersambung dengan jaringan internet.

Penggagas dari Kampung Cyber Taman Sari ini adalah seorang pria bernama Antonius Sasongko pada tahun 2008 silam. Dana jaringan internet sendiri diambil dari danan iura warga bersama. Kehebohan terjadi setelah pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mendatangi Kampung Cyber Taman Sari ini.

2. Pare – Kampung Inggris

Alamat lengkap kampung inggris ini berada di desa Pelem dan Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Di kampung ini rata-rata warganya menggunakan bahasa Inggris dan berbagai papan nama, papan warung dan lain sebagainya berbahasa Inggris. Kampung Inggris ini pun sukses menjadi rujukan seluruh pelajar dari Indonesia untuk memperdalam ilmu bahasa Inggris.

3. Malang – Kampung Tridi

Kampung ini mendadak menjadi viral di Indonesia karena menawarkan berbagai lukisan mural luar biasa indah. Lukisan-lukisan tersebut dibuat oleh sejumlah seniman hebat tanah air terutama seniman di Malang Raya. Alamat lengkap dari kampung Tridi ini berada di jalan Temenggungan Ledok RW 12, Kelurahan Kesatrian, Kota Malang. Lukisan tiga dimensi yang memukau menjadi daya tarik tersendiri di kampung Tridi ini (Sumber: vebma).

4. Jodipan Malang – Jawa Timur

Related image

Kampung wisata yang satu ini terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Dulunya kampung ini hanyalah pemukiman biasa. Namun kini, kampung tersebut telah berubah dan mampu mengundang wisatawan. Salah satu keunikan dari kampung ini adalah rumah-rumah warga yang dicat warna-warni dan dilukis oleh komunitas mural (SUmber: lifestyle.sindonews).

Leave A Comment