ON / BY anira/ IN Blog/ 0 Comment

Apabila suatu hari Anda menjatuhkan, mencelupkan, atau merusak smartphone berharga Anda , jangan panik. Ikuti saran dasar ini untuk segera mengembalikan fungsi smartphone Anda saat darurat. Kami juga mengumpulkan beberapa solusi perbaikan ponsel yang sebaiknya dihindari, karena justru dapat merusak perangkat Anda lebih jauh. Inilah cara melakukan pertolongan pertama handphone Anda secara cepat dan mudah.

Lindungi ponsel Anda terlebih dahulu

Sebelum kita masuk ke perbaikan handphone darurat, berikut adalah beberapa cara untuk mencegah sebelum terjadi kerusakan.

Salah satu solusi mudah adalah membeli telepon yang tahan kerusakan dengan baik. Saat Anda membeli handphone , lihat deskripsi masing-masing fitur perangkat untuk menemukan peringkat IP-nya. Nomor ini, yang disebut  International Protection Marking atau  Ingress Marking Protection, menjelaskan seberapa baik perangkat dapat menahan debu (digit pertama) dan air (yang kedua). Telepon dengan peringkat IP yang lebih tinggi akan mengurangi peluang Anda untuk masalah di masa mendatang.

Digit pertama, yang mencakup kemampuan ponsel Anda untuk menahan partikel padat, berkisar dari 0 (benar-benar rentan) hingga 6 (benar-benar dilindungi). Kebanyakan telepon modern akan mencapai setidaknya 5, yang berarti partikel debu kecil mungkin merayap ke ponsel Anda, tetapi mereka tidak akan mengganggu fungsi normalnya.

Digit kedua, yang menjelaskan seberapa baik ponsel Anda dapat menahan kerusakan dari air dan cairan lainnya (istilah teknisnya adalah perlindungan masuknya cairan) memiliki rentang yang lebih besar: dari 0 hingga 9. Perangkat yang mendapat skor minimal 4, misalnya, dilindungi melawan cipratan. Tetapi Anda dapat mencari nilai yang lebih tinggi lagi — banyak ponsel sekarang mencapai 7, yang berarti mereka dapat bertahan 30 menit pencelupan dalam cairan hingga sekitar kedalaman 3 kaki. Perangkat yang mencapai 8 dapat tinggal di air yang lebih dalam bahkan lebih lama, meskipun kedalaman dan waktu yang tepat mereka dapat bertahan tergantung pada produsen. Ingat skor IP68 Galaxy S9? Menurut Samsung, itu berarti Anda dapat membenamkan S9 dalam cairan hingga hampir 5 meter selama hingga 30 menit.

Telepon unggulan membawa peringkat IP bintang. Misalnya, iPhone X memiliki rating IP67, sedangkan Samsung Galaxy S9 memiliki rating IP68. Tetapi bahkan jika perangkat Anda tidak mendapatkan IP69 sempurna, casing ponsel dapat menambah perlindungan yang substansial. Untuk melindungi ponsel Anda, dan mengurangi kemungkinan rusak ketika terjatuh, Anda memerlukan casing yang menutupi sudut dan tepi perangkat.

Jika Anda tidak menyukainya, pelindung layar (film tipis yang menempel di depan layar ponsel Anda) mengklaim sebagai bentuk perlindungan ponsel yang lebih murah dan lebih ringan. Namun, mereka tidak menawarkan perlindungan menyeluruh pada suatu kasus kerusakan ponsel, dan kebanyakan hanya melindungi layar dari goresan. Yang mengatakan, mereka dapat berguna jika layar ponsel Anda telah mengalami retakan kecil. Baca terus untuk informasi lebih lanjut.

Retakan Pada Ponsel

Ponsel Anda terlepas dari tangan Anda, jatuh ke tanah, dan mendarat dengan pukulan yang mengerikan. Ada kemungkinan mulai dari lecet kecil pada casing hingga perangkat yang hancur berkeping-keping. Sebagai langkah pertama, periksa tanda-tanda kerusakan dengan memperhatikan eksterior ponsel Anda dan dengan membuka kunci perangkat untuk memastikannya tetap berfungsi.

Jika ponsel Anda masih berfungsi, dengan kerusakan kecil, Anda mungkin tidak memerlukan perbaikan apa pun. Namun, pantau terus apabila ada cairan bocor. Bisa keluar dari baterai atau dari perekat yang menyatukan telepon Anda. Artinya berhenti menggunakan ponsel Anda segera setelah Anda melihatnya.

Di lain kasus, jika ponsel Anda mengalami retakan besar. Jika Anda mencoba menyalakan dan menggunakan ponsel tetapi ponsel tidak menyala, ada kemungkinan baterai mengalami kerusakan. Sebagai gantinya, Anda harus berkonsultasi dengan profesional. Satukan setiap partikel yang rusak dalam kantong plastik dan hubungi produsen atau peritel telepon Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang memperbaiki atau mengganti perangkat. Namun, jika Anda melihat perubahan warna di sekitar kerusakan , maka ponsel Anda akan memerlukan penggantian layar yang tepat.

Meskipun Anda dapat tetap menggunakan ponsel yang rusak dalam jangka pendek, Anda harus berhubungan dengan pro yang menggantikan layar — temukan dengan menghubungi produsen ponsel atau ke toko tempat Anda membeli perangkat — sesegera mungkin. Atau, jika Anda sabar dan memiliki keterampilan untuk mereparasi, Anda dapat mengatasi penggantian layar sendiri. Namun, pertama-tama, lakukan riset Anda: Carilah panduan penggantian layar yang spesifik untuk model Anda, yang menyertakan instruksi langkah demi langkah.

Tangani kerusakan akibat air

Ketika Anda secara tidak sengaja menjatuhkan ponsel Anda dalam air, langkah pertama Anda seharusnya adalah menghentikan proses penyerapan airnya. Selanjutnya, tepuk kering dengan kain bersih atau handuk dan letakkan di permukaan yang datar dan padat untuk benar-benar kering. Sampai semua kelembapan hilang, Anda harus menghindari menyalakan atau mengisi daya ponsel. Anda memungkinkan untuk mengeluarkan kartu SIM dan kartu memori, ini dapat membantu melindungi mereka dari kerusakan.

Mungkin perlu waktu sekitar 48 jam untuk mengeringkan ponsel sepenuhnya. Saat Anda menunggu, cari peringkat IP ponsel Anda di situs web seperti GSMArena, tempat penyimpanan informasi tentang berbagai jenis ponsel. Jika perangkat Anda memiliki peringkat IP67 atau IP68, maka itu akan baik-baik saja. Bahkan jika ratingnya lebih rendah, jangan mulai khawatir — banyak ponsel akan pulih dengan baik setelah dicelupkan, begitu mereka sudah kering.

Anda harus membiarkan pengeringan terjadi secara perlahan dan sealamiah mungkin. Jangan mencoba memanaskan ponsel Anda untuk mempercepat proses ini. Jauhkan dari oven microwave atau oven tradisional, dan jangan memanaskannya dengan pengering rambut atau penyedot debu, karena ini dapat merusak komponen rumit di dalam ponsel Anda.

Bagaimana dengan menempelkannya di sekarung beras? Sementara beberapa orang telah berhasil dengan metode ini, kemungkinan itu adalah kebetulan. Menurut bengkel setempat dan beberapa ahli, trik beras tidak benar-benar berfungsi . Namun, paket silica gel dan silica cat adalah agen pengeringan yang efektif. Namun, metode ini tidak dijamin berhasil.

Jika selama 2 hari ponsel masih tidak mau menyala, maka inilah saatnya untuk menghubungi profesional. Staf di sana akan dapat sepenuhnya membongkar dan memasang kembali ponsel Anda, mengeringkan bagian-bagiannya secara individual dan mengganti kerusakan.

Sumber: Popsci

Leave A Comment