ON / BY anira/ IN Blog, Entertainment/ 0 Comment

Hewan asli Indonesia yang ditaksir harga selangit – Beternak merupakan salah satu mata pencaharian andalah penduduk Indonesia. Sebagai sumber protein yang baik, hewan pedaging menjadi komoditas utama. Bukan hanya sebagai konsumsi penduduk lokal, Indonesia juga sudah mulai merambah ke ekspor daging. Memiliki peluang bisnis yang besar membuat banyak orang yang tertarik untuk beternak hewan seperti sapi, kambing, ayam, dan hewan lain. Selain sebagai untuk dikonsumsi, ternyata banyak pula hewan yang diternakan untuk hobi kolektor hewan langka. Karena hal itu juga harga seekor hewan yang langka biasanya memiliki nilai jual yang tinggi. Tingginya harga hewan selain karena sudah mulai jarang ditemukan, semakin unik, semakin memiliki ciri khusus, maka harga yang dibandrol juga semakin tinggi. Ada beberapa jenis hewan asli Indonesia memiliki keunikan yang menyebabkan harganya fantastis dipasaran bahkan ketika mendengar harganya pun akan membuat kita berpikir ulang unutk menyembelihnya.

1. Mau Beli Sapi Limosin Atau Satu Unit Mobil?

sapi limosin eokita

Hanya orang-orang yang benar-benar kaya bisa beli atau setidaknya naik mobil Limousine. Predikat yang sama juga berlaku bagi siapa pun yang punya sapi Limosin. Yup, sapi satu ini memang sudah terkenal seantero nusantara akan harganya yang bikin geleng-geleng kepala. Harga minimal untuk satu sapi Limosin bisa berkisar Rp 50 jutaan.

Alasan kenapa sapi ini dhargai mahal adalah karena bentuk fisiknya yang sangat aduhai. Selain itu dari sisi berat tubuhnya, sapi Limosin adalah yang paling berbobot dari semua jenis yang ada di Indonesia. Bahkan berat sapi yang populasinya sudah mulai menyebar ini bisa mencapai 1,3 ton. Alasan lain kenapa harganya mahal ketika makin tua, adalah kualitas dagingnya yang lebih baik dari sapi kebanyakan. Rekor paling mahal sapi Limosin pernah dibanderol dengan harga Rp 130 juta! Punya 10 sapi Limosin sudah pasti jadi kaya raya.

2. Harga Mahal Untuk Si Langka Kambing Gembrong

kambing gembrong eokita

Kambing umumnya dibanderol dengan harga menengah antara Rp 2 juta sampai Rp 5 juta tergantung ukuran dan jenisnya. Namun kisaran harga ini sepertinya tidak berlaku untuk kambing jenis Gembrong. Yup, kambing ini bisa dihargai agak lebih mahal lagi dari itu.

Dilihat dari tampilannya sendiri kambing Gembrong cukup unik. Tubuhnya memang seperti kambing pada umumnya, namun bulunya benar-benar lebat. Bukan keriting seperti domba, melainkan lurus seperti kuda poni. Mungkin kamu berpikir jika kambing ini bukan dari Indonesia, namun ternyata Gembrong asli lahir di sini. Bali Timur disinyalir sebagai tempat habitat asli hewan keren ini. Dengan ciri fisik unik, kambing Gembrong juga jadi satu-satunya di dunia dengan karakteristik tersebut. Sayangnya, jumlahnya tak banyak untuk saat ini dan termasuk hewan langka. Mungkin selain ciri fisiknya, kelangkaan membuat kambing ini jadi lebih mahal dibandingkan yang lain.

3. Balapan Pakai Motor Sport Atau Babi Papua?

babi papua eokita

Babi Papua pada dasarnya tidak ada bedanya dari jenis yang lain. Hanya saja ukurannya memang agak sedikit lebih besar. Postur tubuhnya juga gempal dengan kulitnya yang agak kecoklatan. Berbekal semua kelebihan ini tak heran harga babi ini lumayan mahal.

Babi Papua paling murah dijual dengan harga Rp 13 jutaan. Sedangkan untuk yang paling mahal bisa mencapai Rp 30 juta. Nah, selain alasan fisik dari babi tersebut, yang membuat hewan ini mahal adalah pandangan masyarakat sekitar. Ya, di beberapa daerah pedalaman Papua, babi adalah representasi kekayaan seseorang. Makin banyak babinya, maka makin kaya seseorang.

4. Si Hitam Yang Kian Langka, Ayam Cemani

ayam cemani eokita

Mungkin kamu sudah mendengar tentang si ayam satu ini. Yup, ayam langka asal Jawa Tengah ini namanya sudah mendunia. Tidak hanya karena harganya tapi juga gara-gara fisiknya yang sangat unik dan tidak ditemukan di jenis ayam yang lainnya.

Ayam Cemani , seperti yang kamu tahu, berwarna serba hitam. Tak hanya bulunya, bahkan daging serta organ tubuhnya pun berwarna pekat. Hal ini pula yang menyebabkannya jadi dikait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau magis. Di tempat asalnya, ayam Cemani memang sudah biasa dijadikan sesajen dan sebagainya. Nah, berapa sih harga ayam unik ini. Di Amerika, Cemani bisa mencapai Rp 28 juta per ekornya, sedangkan di Indonesia jauh lebih mahal lagi. Yup, ayam ini dibanderol sampai Rp 40 Juta!

Tak perlu khawatir soal uang, asal di rumah ada 10 sapi Limosin atau 40 ayam cemani itu lebih dari cukup. Selain deretan hewan di atas, dulu juga ada satu hewan khas Indonesia yang dijual cukup mahal, yakni tokek. Hewan ini sempat jadi primadona di kalangan kolektor dan breeder. Sayangnya, kini harganya sudah normal tidak melejit seperti dulu.

Sumber: boombastis

Leave A Comment