ON / BY anira/ IN Blog, Event, Wisata/ 0 Comment

Event Dieng Culture Festival 2018 – merupakan gelaran rutin setiap tahunnya di Wisata Dieng Banjarnegara, Jawa Tengah. Acara inti dari Dieng Culture Festival adalah meruat anak-anak Dieng yang berambut gimbal yang di percaya sebagai titisan Eyang Kolodete sebagai pembuka daerah Dieng. Pada tahun ini akan di selenggarakan pada tanggal 3 – 5 Agustus 2018.

Kegiatan DCF ini menjadi tahun ke 9 sejak awal terselenggara dan menjadi salah satu event yang dinanti para turis Indonesia maupun mancanegara. Festival ini banyak menarik minat karena mencampurkan berbagai unsur seperti festival musik, budaya, dan wisata. Berada di Dataran Tinggi Dieng membuat suasana festival semakin hangat dan juga pemandangan sunrise yang luar biasa pasti akan membuat kita begitu menikmati acara ini.

Menikmati musik Jazz Atas Awan dengan suasanan pegunungan di malam hari

Dieng culture festival eokita 4

Acara Dieng Culture Festival 2018 ini akan digelar di Desa Wisata Dieng Kulon, Banjarnegara. Bulan-bulan tersebut selalu dipilih karena suhu di Dieng sangat dingin saat itu. Suhunya bisa mencapai minus ketika bulan itu. Dinginnya Dieng ini ternyata yang membuat acara ini semakin terasa spesial. Bagaimana tidak spesial, di ketinggian 2000 meter diadakan acara Jazz Atas Awan. Alunan musik jazz berpadu dengan kabut dan dingin yang membuat suasana kian syahdu.

Agenda selanjutnya yaitu pelepasan lampion bersama-sama dengan diiringi Jazz Atas Awan

Dieng culture festival eokita 3

Selain musik Jazz Atas Awan, di malam kedua kalian akan melepas lampion warna-warni ke langit. Semua yang sudah membeli tiket akan mendapatkan lampion. Nah, ketika momennya sedang syahdu karena datangnya bintang tamu yang selalu dirahasiakan muncul tiba-tiba di panggung DCF. Tahun lalu sih ada Anji dan Katon Bagaskara yang jadi guest star-nya. Sontak, bintang tamu pun memeriahkan suasana dan memandu pengunjung untuk melepas lampion ke angkasa. Kalian bisa make a wish sambil melepas lampion.

Puncak acaranya yaitu ritual cukur rambut gimbal yang sangat unik dan hanya ditemukan di Dieng

Dieng culture festival eokita

Parade seni budaya pun akan memeriahkan acara ini. Akan ada karnaval di mana si anak berambut gimbal akan diarak dan kemudian akan dipotong rambutnya di Candi Arjuna. Rambut gimbal ini sangat istimewa karena untuk mencukurnya harus dengan ritual dan dilakukan setahun sekali dalam acara Dieng Culture Festival. Si anak kemudian akan meminta syarat yang harus dipenuhi oleh orang tuanya. Ada yang minta sepeda, kambing, bahkan ada yang ‘cuma’ minta es lilin buatan tetangganya. Sangat unik dan khas Dieng. (sumber: hipwee)

Untuk bisa hadir ke festival ini sangat mudah sekali. Selain kalian bisa langsung hadir kesana dengan akomodasi sendiri. Disana kalian tidak akan sulit menemukan penginapan, dan harganya pun terjangkau bagi bagpacker. Banyak agen tour yang menyediakan paket komplit trip dari kota tujuan kalian ke Dieng.

 

Leave A Comment