ON / BY anira/ IN Uncategorized/ 0 Comment

Peraturan di kerajaan – memang terkenal ketat dan selalu kalau jadi pangeran akan punya hidup yang indah seperti didongeng. Yakin sih, pasti diantara kalian nih ada yang dulu pernah mimpi ingin jadi princess dan prince di kerjaan. Hidup dilingkungan kerajaan terutama sebagai keluarga kerjaan pastinya akan terikat dengan peraturan-peraturan disana. Nah, beberapa dari peraturan itu terhitung aneh di kerajaan Inggris, tapi tetap ada alasan logisnya sih.

1. Kalau dilihat sejak dulu, pangeran kecil di Kerajaan Inggris selalu menggunakan celana pendek loh, bahkan di saat musim dingin

keluarga kerajaan pangeran kecil selalu pakai celana pendek

Contohnya aja Pangeran George yang sekarang menginjak usia 4 tahun. Kalau kamu perhatikan, di semua fotonya di jagat maya dia selalu pakai celana pendek. Bahkan ketika musim dingin sekalipun. Bukan gara-gara orang tuanya nggak peduli, tapi ini justru sudah jadi aturan sejak zaman dulu kalau seorang pangeran baru boleh berpakaian formal kalau umurnya sudah di atas 8 tahun. Sebaliknya, sebelum 8 tahun mereka harus berpenampilan ‘less formally‘, yaitu dengan memakai celana pendek.

2. Bagi para seafood lovers, jangan daftar untuk jadi keluarga kerajaan kalau kamu siap berhenti makan seafood selamanya

keluarga kerajaan tidak boleh makan seafood

Sebenarnya ini lebih kepada pencegahan daripada larangan. Beberapa anggota keluarga kerajaan nggak diperbolehkan makan kerang dan seafood untuk alasan kesehatan. Kemungkinan karena jenis makanan ini bisa menyebabkan keracunan atau alergi. Kebiasaan ini biasanya nggak pernah dilanggar, tapi Pangeran Charles pernah dikabarkan mendatangi Whitstable Oyster Festival di Kent, khusus untuk menyantap makanan yang sebetulnya dilarang buatnya.

3. Pewaris tahta nggak boleh bepergian bersama, kalaupun harus mengunjungi tempat tertentu kendaraan mereka harus berbeda

keluarga kerajaan tidak boleh pergi bersama

Aturan ini menurut saya sih terbilang cerdas karena menunjukkan kalau Kerajaan Inggris sangat visioner. Sebagai sesama pewaris tahta, contohnya saja Pangeran William dan Pangeran Harry, nggak boleh pergi bersama. Begitupun dengan Ayahnya, Pangeran Charles dengan putra-putra mereka. Intinya, aturan ini dibuat untuk mengantisipasi kejadian berbahaya yang bisa aja terjadi, seperti kecelakaan. Bayangkan aja nih kalau kendaraan yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan kesemuanya meninggal? Kerajaan Inggris bakal gonjang-ganjing karena nggak punya pewaris tahta!

4. Semua anggota keluarga nggak diperbolehkan pakai pakaian yang terbuat dari bulu. Padahal waktu musim dingin pakaian bulu kerap jadi pilihan ya

keluarga kerajaan tidak boleh pakai mantel bulu

Apa yang ada di pikiran kalian kalau lihat Syahrini pakai pakaian bulu-bulu? Glamor? Mewah? Atau elegan? Di Inggris keluarga kerajaan malah nggak diperbolehkan pakau pakaian dari bulu lho, karena mereka justru dilarang menunjukkan kemewahan. Aturan ini udah ada sejak Raja Edward III berkuasa pada Abad ke-12. Sebaliknya, pakaian mereka harus sederhana. Meski begitu sisi elegan masih nampak ya, lihat aja penampilan Kate Middleton, bikin gemas! Eh meskipun pakaian bulu dilarang, hiasan kepala atau kerah bulu masih boleh dipakai kok.

5. Sejak lahir keluarga kerajaan dilarang makan makanan instan

keluarga kerajaan tidak boleh makan makanan instan

Meskipun Indomie goreng pakai cabe rawit itu rasanya bagaikan surga dunia, tapi banyak dari kita sudah tahu dampaknya kalau dikonsumsi secara terus menerus. Nah dampak inilah yang betul-betul diperhatikan sama pihak kerajaan Inggris. Ini yang membuat semua jenis makanan instan dilarang di sana, termasuk makanan beku dan makanan cepat saji. Untuk urusan makanan, istana punya koki khusus yang menyediakan konsumsi buat para anggota kerajaan. Mau burger atau kentang goreng? Nggak perlu deh ke McDonalds dulu. Minta aja dibuatkan sama si koki.

6. Ya namanya juga keluarga kerajaan, sampai mainan pun diperhatikan. Contohnya monopoli yang haram buat dimainkan

keluarga kerajaan tidak boleh mian monopoli

Monopoli dilarang di sana karena dikhawatirkan bisa menimbulkan persaingan kekuasaan dalam tubuh kerajaan Inggris. Seperti diketahui, dalam permainan monopoli kita dituntut buat memperkaya diri dengan menguasai lahan permainan sebanyak-banyaknya. Kita juga bisa memasang sewa dan menerapkan pajak pada lawan. Iklim persaingan yang ketat ini takutnya malah bisa terbawa di kehidupan nyata.

7. Setiap dari mereka juga nggak punya hak pilih saat pemilu. Nah ini sih harusnya bisa diterapkan di sini, biar hasil secara keseluruhan tetap objektif

keluarga kerajaan tidak punya hak suara

Singkatnya, anggota keluarga kerajaan nggak boleh ikut memilih atau terlibat dalam urusan politik apapun, agar mereka nggak bisa memengaruhi keputusan apapun dalam pemerintahan. Biar adil sih intinya. Ya punya nama besar dan berpengaruh di seluruh belahan Inggris Raya, jelas bisa jadi ‘lahan empuk’ buat oknum-oknum tertentu untuk memenangkan suara di parlemen. Selain itu, pelarangan keterlibatan anggota kerajaan dalam dunia politik juga bisa memicu perpecahan intern akibat pandangan politik yang berbeda (sumber: hipwee)

 

Leave A Comment