7 Tempat Wisata Hemat di Indonesia untuk Mengisi Liburan Natal dan Tahun Baru

Liburan Natal dan tahun baru adalah salah satu liburan yang paling ditunggu. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi pada saat itu. Namun tenang saja, kamu masih bisa liburan dengan hemat dan nggak menguras uang di kantong dalam-dalam jika ingin liburan yang mengesankankok!

Banyak destinasi wisata di Indonesia yang menawarkan liburan yang menyenangkan tapi tetap dengan biaya yang hemat. Kamu bisa mencoba satu-satu tempat wisata tersebut hingga kamu menemukan mana yang paling kamu suka.

1. Bali

Bali selalu menjadi pilihan pertama bagi orang-orang yang ingin merayakan liburan Natal dan Tahun Baru. Keindahan pulau dewata ini menarik banyak turis baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung dan menghabiskan liburan mereka di sini. Kekhasan pulau tropis ini menjadi magnet utama dalam menghindari musim dingin di negara-negara subtropis, sehingga banyak turis dari negara-negara subtropis yang pergi berlibur ke pulau dewata ini.

Selain wisatawan mancanegara, banyak juga wisatawan lokal yang berasal dari luar Pulau Bali karena banyaknya tujuan wisata yang murah dan menarik. Hal tersebut ditambah juga dengan biaya yang dibutuhkan nggak begitu mahal untuk berlibur di pulau ini. Jika kamu pergi ke pulau ini, kamu bisa menikmati rasanya berjemur di pantai, merasakan indah dan damainya sawah-sawah di sana, dan juga budaya mereka yang khas dan unik seperti tari-tarian, kuliner, dan masih banyak lagi.

Untuk biayanya berlibur di Pulau Bali, kamu nggak perlu khawatir. Harganya yang nggak mahal dan mudah dijangkau menjadi alasan utama kenapa pulau ini menjadi destinasi utama saat libur Natal dan tahun baru. Apalagi jika kamu menghabiskan liburanmu di Pantai Kuta, Pantai Blue Point, Pantai Pandawa, Pulau Nusa Dua, Tanah Lot dan masih banyak lagi. Senggaknya, biaya yang harus kamu keluarkan untuk berlibur di Pulau Bali sekitar Rp5 juta. Biaya yang terbilang cukup murah untuk menikmati segala keindahan Pulau Bali ini.

2. Medan

Ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini merupakan destinasi wisata favorit di Pulau Sumatera. Jika kamu pergi ke Medan, kamu bisa mempelajari sejarah kota Medan dengan berkunjung ke peninggalan Kesultanan Deli di Istana Maimun atau bisa pergi ke Tjong A Fie Mansion. Tak luput juga berkunjunglah ke Danau Toba yang sudah banyak di kenal karena sejarahnya dan keindahan danaunya.

Wisata alam lainnya yang bisa kamu kunjungi saat ke Medan adalah Bukit Lawang yang bisa kamu nikmati udara sejuknya, menikmati segarnya Air Terjun Dua Warna Sibolangit dan indahnya Taman Alam Lumbuni. Kuliner di Medan sendiri juga sangat lezat dan cocok di lidah, seperti bika ambon, durian Medan, Bolu Meranti, dan banyak lagi kuliner lezat dan sehat yang bisa kamu nikmati di Medan. Kamu akan membutuhkan uang senggaknya sekitar Rp5 juta rupiah agar bisa wisata hemat di Kota Medan ini.

3. Padang

Padang adalah sebuah kota yang sangat cocok untuk dikunjungi karena bentangan alam dari kota Padang sangat indah dan menawan. Salah satu tempat wisata alam terfavorit di Padang adalah Danau Laut Tinggal yang mempunyai bentangan pemandangan yang indah dengan perairannya yang berwarna hijau tosca. Selain itu, kamu juga bisa menikmati indahnya Kelok Sembilan, belajar dan meresapi budaya Minang dari Istana Pagarayung, dan banyak lagi destinasi wisata khas Kota Padang ini.

Selain wisata hiburannya, Padang juga memiliki kuliner khas yang disukai banyak orang di penjuru Indonesia bahkan sudah dikenal secara luas di luar negeri. Makanan khas Padang, dengan bumbu-bumbunya yang gurih dan lezat membuat kamu bakal kecanduan untuk membelinya lagi dan lagi. Kapan lagi merasakan makanan khas Padang langsung dari tempat asalnya. Untuk berlibur ke Padang sendiri, senggaknya kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp4 juta.

4. Balikpapan

Pulau Kalimantan juga memiliki salah satu kota wisata hemat yang bisa kamu kunjungi. Kota tersebut ialah Balikpapan yang merupakan kota bisnis dan ekonomi dari Provinsi Kalimantan Timur. Balikpapan sendiri terkenal akan kebersihan dan keindahan kotanya dari kota-kota lain di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa menikmati wisata hemat andalan kota ini yaitu Pantai Kilang, Danau Cermin, atau berenang bersama dengan banyaknya ubur-ubur di Pulau Kakaban.

Selain itu, kamu juga bisa merasakan makanan khas Kota Balikpapan yang murah dan lezat seperti mantau, amplang ikan, onde-onde ubi ungu, dan masih banyak lainnya. Dengan kombinasi tempat wisata yang indah dan murah serta wisata kuliner yang lezat dan murah, Kota Balikpapan patut dinobatkan menjadi wisata hemat yang bisa kamu datangi saat berkunjung ke Kalimantan. Kamu sendiri akan membutuhkan uang senggaknya sekitar Rp4 juta untuk berwisata di Kota Balikpapan ini.

5. Yogyakarta

Kota Yogyakarta memang sudah banyak dikenal dengan kota yang memiliki biaya hidup rendah. Walhasil, banyak orang-orang yang memilih Kota Yogyakarta sebagai tujuan wisata hemat mereka. Kota yang terkenal dengan sejarahnya dan keratonnya ini, memiliki beberapa tempat yang menjadi tujuan dari turis baik lokal maupun mancanegara. Beberapa di antaranya adalah Malioboro, Candi Borobudur, Pantai Parangtritis, Istana Ratu Boko, Puntuk Setumbu, Papermoon Puppet Theater, Tamansari, Bukit Rhema, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati makanan-makanan khas Yogyakarta seperti gudeg, krecek, bakpia Jogja, dan masih banyak lagi. Ada banyak pilihan tempat makan juga yang bisa kamu datangi mulai dari angkringan pinggir jalan hingga restoran mewah. Untuk biaya yang dibutuhkan selama berlibur di Kota Yogyakarta sendiri, kamu bisa menyediakan senggaknya Rp3 juta untuk menjelajahi Kota Yogyakarta ini.

6. Malang

Salah satu kota di Jawa Timur ini juga nggak kalah tenarnya dalam bidang pariwisata. Banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung di Malang. Malang sendiri terkenal dengan objek wisata alamnya karena kota ini memiliki pemandangan yang indah seperti gunung dan juga beberapa pantai di daerah Malang Selatan. Selain itu, kota ini juga cukup dingin karena posisinya yang terdapat di dataran tinggi.

Jika kamu berkunjung ke Malang, kamu bisa menikmati indahnya Alun-alun Kota Batu, Paralayang di Batu, Museum Angkut, Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3, Batu Night Spectacular, Pulau Sempu dan lain sebagainya. Malang juga terkenal murah dalam biaya hidupnya, termasuk kuliner yang terdapat di kota ini seperti bakso Malang, orem-orem, angsle Malang, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa rasakan nikmatnya liburan di Malang dengan berbekal uang senggaknya Rp2 juta yang bisa kamu gunakan untuk menikmati beberapa wana wisata di kota Malang ini.

7. Palembang

Salah satu kota lainnya di Pulau Sumatera yang jadi paling banyak incaran wisatawan saat berlibur adalah Kota Palembang. Kota Palembang menawarkan indahnya kota mereka seperti yang ada pada Taman Kambang Iwak yang berada di tengah kota, sejuknya udara di Pulau Kemaro, dan juga kokohnya Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota pempek ini. Selain itu, kamu juga bisa berwisata ke beberapa air terjun untuk menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru kamu di sini.

Seperti yang sudah banyak dikenal, pempek adalah makanan khas kota ini dan kamu bisa menikmatinya di kota Palembang ini. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi enaknya makanan khas Palembang lainnya seperti laksan, tekwan, celimpungan, kue maksuba, dan banyak lainnya yang bisakamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke sini. Saat berlibur di Palembang, kamu butuh senggaknya Rp1 juta untuk berlibur di sini. Sudah nggak dipungkiri lagi bahwa Palembang adalah salah satu kota wisata hemat di Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

Itulah tujuh kota wisata hemat di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat libur Natal dan Tahun Baru yang akan datang. Liburan dengan keluarga dan teman-teman akan terasa sangat berkesan dan menyenangkan jika kamu bisa mendapatkannya dengan biaya yang nggak mahal.



Sumber Asli : shopback.co.id

Share your love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *